Kunci orang sukses ada pada kebiasaannya

Orang Sukses Lakukan 6 Hal Ini, Bisa Kamu Tiru

Kunci orang sukses ada pada kebiasaannya
Untuk meraih sukses ada beberapa kebiasaan yang menjadi kuncinya. Foto – Ilustrasi/
constructionworld.org

GOODAY – Orang sukses adalah mereka yang berhasil mengatasi berbagai tantangan dan menjadikan hambatan sebagai penyemangat. Tidak mudah bagi setiap orang menjadi sukses. Meski ia lahir dari keluarga kaya-raya, jika tanpa melakukan sesuatu bisa berubah menjadi derita.

Seorang penulis, Thomas Corley mengadakan penelitian tentang kebiasaan sehari-hari dari orang kaya dan orang miskin. Berdasarkan 233 responden dari orang kaya dan 128 dari orang miskin, ia akhirnya menemukan 6 kebiasaan dua kelompok ini yang dilakukan setiap hari.

Apa saja kebiasaan yang mewakili keduanya? Bisa ditiru oleh kalian yang ingin menapak kehidupan lebih baik. Berikut enam kebiasaan itu:

Orang Sukses Bangun Lebih Awal

Orang sukses memilih bangun awal dari jam kerja

Ternyatamereka yang sukses bukanlah orang yang memuaskan hobi tidurnya sepanjang hari. Dari hasil penelitian Thomas Corley tadi, 44 persen dari jumlah responden bangun lebih awal dari jam kerja. Bahkan ada yang 3 jam lebih awal.

Mengapa ini penting? Sebab masih cukup waktu untuk mempersiapkan sesuatu. Kondisi badan juga lebih segar, beda dengan baru bangun, basuh wajah lalu berangkat kerja.

Bagi yang tinggal di kota padat seperti Jakarta, bangun lebih awal bisa membantu menempuh perjalanan dengan santai. Lebih awal ketimbang orang lain yang baru bangun mendekati beberapa saat memasuki jam kerja.

Juga Menentukan Target

Foto – Ilustrasi/livemint

Bagi orang sukses, ia lebih banyak memikirkan bagaimana mencapai target yang harus dicapai. Saat berada di kantor, pikirannya fokus pada apa yang dikerjakan. Bukan mereka yang setiap saat memikirkan berlibur ke sebuah tempat. Berlibur penting namun tidak mengalahkan target harian yang sudah ditetapkan.

Zaman sekarang, banyak pebisnis online. Tetapi masih banyak yang menganggap karena online ia akan melakukannya asal-asalan. Target tak ada, jam kerjanya juga seingatnya. Kapan ingat buka ponsel, baru melayani konsumen.

Alangkah bijak jika pebisnis online juga profseional. Menentukan jam kerja meski dilakukan di rumah. Dengan demikian konsumen tahu pada jam berapa ia bisa dilayani fast respon.

Orang Sukses Haus Belajar

Foto – Ilustrasi/blackboard.com

Begitu banyak tokoh inspiratif yang jatuh bangun hanya untuk menggapai tujuannya. Bahkan tak sedikit yang gagal total menjalankan sebuah usaha. Namun baginya, gagal lebih berarti ketimbang tidak pernah mencoba sama sekali.

Salah besar jika berpikir ilmu adalah sesuatu yang hanya didapat dari bangku pendidikan. Lantas, bagaimana menjelaskan orang-orang sukses yang mengawali usahanya dari modal dengkul? Sekolah hanya lulus SD, modalnya pun hanya semangat.

Justru di lingkungan tempat belajar paling bagus untuk mengasah insting pebisnis. Ia bisa belajar dari membaca, melihat, mendengarkan. Ia akan banyak bertanya tentang apa yang ingin diketahuinya. Banyak bertanya bukan selalu orang itu bodoh. Bahkan ia lebih pintar karena setiap jawaban yang diperolehnya akan digunakan untuk belajar mengambil keputusan dan sebagainya.

Pecandu Tayangan TV, No!

Foto – Ilustrasi/worldatlas.com

Membaca adalah pekerjaan yang bagi sebagian orang aktivitas yang menjemukan. Apalagi jika yang dibaca buku tentang kesuksesan, mental diri, pergaulan dan sebagainya.

Padahal membaca itu ternyata menjadi kebiasaan orang sukses. Dengan membaca, otaknya dijejali wawasan baru yang terus bertambah. Semakin banyak buku yang dibaca, semakin berilmu dia. Sementara yang doyan nonton teve sampai akhirnya ditonton teve, otaknya dipenuhi tayangan favorit.

Kalian ingin sukses? Tak ada salahnya belajar membaca cuku sederhana yang isinya tentang optimisme. Banyak sekali dijual di pasaran. Atau membaca di internet juga tak ada salahnya. Membaca gratis, ilmunya bertambah. Paling modal paket internet doang hehe.

Orang Sukses Jaga Kesehatan

Foto – Ilustrasi/mindfulspring

Semakin sukses, semakin banyak hal yang dipikirkan. Bahkan kadang kegiatan fisik pun menunggu di jadwal harian. Apa gunanya sukses kalau tubuh tidak bugar dan sehat. Karenanya orang sukses meluangkan waktu mereka untuk jalan santai.

Bahkan tak jarang masih tetap melakukan aktivitas di pusat kebugaran. Bagi peraih kesuksesan, penampilan yang segar, terlihat senantiasa sehat adalah penting. Klien pun akan senang berbincang bisnis dengan sesorang yang auranya menunjukkan vitalisat dan energik. Men sana in corpore sano

Silaturahmi dan Nambah Teman

Foto – Ilustrasi/greatist.com

Bagi orang sukses, alangkah pentingnya peran orang lain dalam kehidupannya. Tanpa orang lain, ia tak berarti apa-apa. Tentu saja teman yang dimaksud di sini adalah teman yang bisa memberikan energi positif.

Nah itulah 6 kebiasaan yang dilakukan orang sukses. Namun lebih penting dari semuanya itu, bahwa sukses datang dari diri sendiri. Orang lain hanya membantu. Pertama niatkan dengan baik, berdoa kepada Tuhan. Lalu berusaha, berusaha, berusaha.

Hasilnya adalah kemampuan diri yang akan menentukan. ***

About: Nurali

Lahir di Desa Bermi Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah dari orang tua yang sama-sama berprofesi sebagai guru SD. Mencoba menulis, menyanyi dan melukis, akhirnya hanya menulis yang tetap dilakoni. SD di kampung, SMP di Gembong, melanjutkan di SMAN 1 Pati, kuliah di Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto. Peserta berbagai pelatihan jurnalistik dan beberapa tulisannya memenangi lomba tulis tingkat lokal dan nasional. Sempat bekerja di sejumlah koran cetak, dan kini menjabat sebagai Redpel suarasiber.com