Kedai Kopi Ceria Jual Mie Ayam, Lezatnya Kakak…

GOODAY – Jual mie ayam di kedai kopi merupakan terobosan yang dilakukan Kedai Kopi Ceria, Jalan Hang Lekir 31, Tanjungpinang Timur, Provinsi Kepri. Hal ini dilakukan setelah mendapatkan masukan dari para pelanggan.

Jangan berharap menemukan gerobak mie ayam di teras kedai kopi yang berada persis di tepi jalan. Mie Ayam Ceria bisa diakses dari Batu 9. Masuk dari Jalan Hang Lekir, nanti Anda bertemu Perumahan Bintan Mas Residence di sebelah kiri.

Di sebelah kanan adalah Perumahan Villa Hang Lekir. Satu deret dengan Perumahan Bintan Mas Residence, sekitar 100 meter adalah lokasi Mie Ayam Ceria. Di atas pintu ruko terpampang banner bertuliskan Mie Ayam.

jual mie ayam 3
Hmm nikmatnya Mie Ayam Ceria di Jalan hang Lekir, Tanjungpinang, Kepri, ini. Foto – gooday

Usaha ini dikelola oleh Merry, seorang wanita kreatif yang memang menyukau urusan masak-memasak. Menurut Merry, Mie Ayam Ceria pada dasarnya tak jauh beda dengan mie ayam lainnya yang ada di Kota Tanjungpinang. Atau juga daerah lain.

Yang membedakannya mungkin seting kedainya. Ia memang tak menaruh gerobak di depan karena sudah ada gerobak lain. Sebagai gantinya ia menggunakan dapur di bagian belakang lantai satu untuk melayani kebutuhan pengunjung kedai kopinya.

“Mungkin selama ini mie ayam itu identik dengan gerobaknya. Selalu diletakkan di depan kedai atau warung. Saya rasa yang kami lakukan juga banyak dilakukan pedagang mie ayam lainnya,” terang Merry kepada Gooday belum lama ini.

Citarasa mie ayam di tempat ini diakui para pencinta jenis makanan berkuah ini. Bukan franchise mie ayam yang ketat menjaga kualitas produk, Mie Ayam Ceria juga melakukan hal serupa.

Mulai pemilihan bahan, pengolahan sampai penyajian. Hal ini dilakukan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para pengunjung. Slogan yang diangkat mie ayam ini ialah mie ayam rumahan rasa restoran.

Jual Mie Ayam Teringat Wonogiri

gerobak mie ayam
Di Mie Ayam Ceria tak akan ditemukan gerobak jualan seperti ini, karena meraciknya di dapur bagian belakang kedai.

Bagi warga Indonesia, jika menyebut mie ayam maka salah satu daerah yang melakat padanya ialah Wonogiri. Wonogiri adalah sebuah kabupaten di Jawa Tengah.

Zaman saya kecil dahulu, beberapa kali ke Wonogiri tetapi belum tahu apa itu mie ayam. Itu sudah puluhan tahun silam. Biasanya ayah bersama tetangga carter bus untuk rekreasi.

Yang saya ingat adalah Waduk Gajah Mungkur yang menjadi lokasi wisata. Saya masih ingat bagaimana ayah membelikan saya mainan berupa kereta dari kaleng bekas. Kalau ditarik keluar suaranya. Lho kok malah ke rekreasi hehe.

Meski Jual Mie Ayam, Kedai Kopi Ceria tak memanfaatkan franchise pihak lain. Kedai ini membuatnya sendiri dengan ciri khasnya sendiri. Foto – gooday

Di Wonogiri, mie ayam merupakan menu sehari-hari bagi warganya. Makanan ini banyak dijajakan dalam bentuk gerobak, tak beda dengan yang ada di kota-kota lainnya di Indonesia. 

Lalu apa ciri khas mie ayam Wonogiri? Seorang teman bernama Ali, yang pernah tinggal d Tanjungpinang setahun pernah mengatakan, mie ayam kampung halamannya terdiri dari semangkuk mie. Di atasnya ditaburi potongan daging ayam semur, sawi rebus, daun bawang, bakso dan pangsit. Mie seperti ini bisa disajikan dengan kuah atau kering. 

Bagi Anda yang hobi masak atau bergelut dengan bumbu, ada kekhasan bumbu mie ayam Wonogiri.

Bocoran Ali, “Rahasianya terletak pada racikan minyak ayam yang dibuat menggunakan minyak sayur, jahe, lada, ketumbar, kulit ayam serta bawang putih. Kalau bisa membuatnya, sudah bisa jual mie ayam.” (les)

Recommended For You

About the Author: Nurali

Lahir di Desa Bermi Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah dari orang tua yang sama-sama berprofesi sebagai guru SD. Mencoba menulis, menyanyi dan melukis, akhirnya hanya menulis yang tetap dilakoni. SD di kampung, SMP di Gembong, melanjutkan di SMAN 1 Pati, kuliah di Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto. Peserta berbagai pelatihan jurnalistik dan beberapa tulisannya memenangi lomba tulis tingkat lokal dan nasional. Sempat bekerja di sejumlah koran cetak, dan kini menjabat sebagai Redpel suarasiber.com