kampung terih

Kampung Terih, Wisata Pedesaan Tepi Pantai di Batam

kampung terih batam
Foto – instagram.com/kampungterih

GOODAY – Kampung Terih tiba-tiba menerobos dunia pariwisata di Provinsi Kepulauan Riau. Dibuat dan dirancang semampunya orang kampung, ternyata keindahannya tak bisa lagi disembunyikan sehingga diganjar penghargaan nasional.

Penghargaan itu ialah sebagai Destinasi Wisata Baru Terpopuler (Indonesia’s most popular tourism) versi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018 silam. Kampung Terih Kota Batam kini menjadi salah satu andalan wisata Batam.

Selama wisata Batam masih didominasi wisata belanja dan ikon lainnya seperti Jembatan Barelang. Untuk informasi, penataan desa wisata alam ini diprakarsai Pecinta Alam Kepri (Pari) dengan dukungan masyarakat setempat.

Lokasi wisata ini pada dasarnya adalah kampung tua yang ada di Batam. Ia berada di tepi pantai dengan hutan mangrove di sebagian wilayahnya. Kini setiap sudut adalah tempat yang instagramable.

wisata kampung terih
Foto – instagram.com/kampungterih

Kini bukan hanya wisatawan lokal yang ramai mengunjungi wisata Kampung Terih, melainkan juga wisatawan mancanegara. Kampung di ujung Kecamatan Nongsa, Batam ini memang tak lagi malu-malu menunjukkan diri.

Anggota Pari melihat, peluang desa wisata di Kepri masih terbuka lebar. Namun mereka juga menyinggung, akan lebih optimal ketika Pemda juga turut aktif membangunnya. Apalagi sekarang untuk berpromosi sangat mudah.

Jika sebuah destinasi wisata sudah dikunjungi banyak orang, secara otomatis mereka akan mengisi ruang digotal berupa media sosial untuk memajang selfie mereka. Dan Kampung Tua Terih Nongsa adalah salah satu contohnya.

Gooday yang mencoba mencarinya di kotak pencarian Google, mendapati begitu banyak hasil pencarian terkait destinasi wisata ini. Begitu juga dengan Instagram yang pernah memosting foto-foto tentang keindahannya.

kampung terih kota batam
Foto – instagram.com/kampungterih

Meski dikelola semampunya antara warga setempat dan pecinta alam Kepri, namun wisata Kampung Terih Batam adalah karya kreatif. Inovasi yang dilakukan tak berlebihan, tetap tidak meninggalkan kesan alami dan ndesonya. Dan justru suasana kampung itulah yang membuat banyak wisatawan mancanegara mengunjunginya.

Di Kepri, sejumlah desa juga tengah mencoba eksis melalui wisatanya. Diantaranya Desa Toapaya Selatan, Desa Ekang Anculai di Kabupaten Bintan. Agaknya mulai muncul pergesaran pola pikir bahwa dunia wisata adalah sesuatu yang pantas dijual.

Dan salah satunya Kampung Terih. ***

Featured image: instagram.com/bams_nektar

About: Nurali

Lahir di Desa Bermi Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah dari orang tua yang sama-sama berprofesi sebagai guru SD. Mencoba menulis, menyanyi dan melukis, akhirnya hanya menulis yang tetap dilakoni. SD di kampung, SMP di Gembong, melanjutkan di SMAN 1 Pati, kuliah di Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto. Peserta berbagai pelatihan jurnalistik dan beberapa tulisannya memenangi lomba tulis tingkat lokal dan nasional. Sempat bekerja di sejumlah koran cetak, dan kini menjabat sebagai Redpel suarasiber.com