free page hit counter

Belajar Mengoptimalkan Pembeli dari Ceria Cafe

Thai dan kopinya sama-sama menggoda di Ceria Cafe
Pembeli yang datang di Ceria Cafe dimanja dengan jaringan internet berkualitas serta aneka minuman yang membuat dahaga pun lepas. Foto – Gooday.id

GOODAY – Mengoptimalkan pembeli bagi sebuah usaha adalah hal penting. Pengunjung kafe tentu berkah yang ditunggu setiap orang yang membuka usaha ini. Saat ini kafe bukanlah dominasi warga perkotaan. Kafe bisa ditemukan di daerah-daerah yang sebelumnya tak dipikirkan orang untuk membuka usaha ini.

Di Tanjungpinang sendiri, sejak setahun belakangan kafe seakan hujan di musim kemarau. Entah kafe yang mengandalkan menu buatan sendiri atau mengadopsi kuliner yang tengah melangit namanya di daerah lain. Namun, diantara sekian banyak kafe, yang paling gampang ditemukan ialah kafe kopi.

Jarak antara satu kafe kopi satu dengan lainnya bahkan bisa sangat berdekatan. Karena tak sedikit pemilik modal yang menyewa ruko untuk membuka usaha ini. Alhasil, pada satu deret ruko bisa ada dua sampai tiga kafe kopi.

Mengoptimalkan Pembeli lewat Lokasi

Ada benarnya petuah orang-orang yang ahli di bidang mengelola usaha, bahwa lokasi menentukan prestasi. Tidak heran jika untuk membuka sebuah kafe kopi dibutuhkan waktu berhari-hari hanya untuk berkeliling mencari lokasi yang dianggap cocok.

Apalagi jika dikaitkan dengan fengshui, akan banyak sekali hal-hal yang dicermati. Sementara bagi calon pelaku usaha yang tak begitu peduli pada fengshui, lokasi pasti tetap menjadi pertimbangan yang dianggap penting.

Belajar dari Ceria Cafe, sebenarnya lokasinya tidak berada di tepi jalan protokol atau jalan utama di Kota Tanjungpinang. Memang di tepi jalan, namun jalan masuk ke kampung. Tepatnya di Jalan Hang Lekir. Soal lokasi memang bukan target utama pemilik tempat ini, karena kebetulan juga di tepi jalan, ada area parkir yang lumayan luas dan berada di tepi jalan lurus. Gampang terlihat.

Dan kebetulan juga ruko tempat Ceria Cafe membuka usaha sekaligus tempat tinggal. Jadi pemiliknya memang tak ingin ribet-ribet.

Mengoptimalkan Pembeli lewat Brand

Nah, ini yang dibidik Ceria Cafe. Coba direnungkan, hanya satu kata untuk dijadikan nama oleh kafe kopi ini. Ceria. Rasanya tak perlu membuka kamus untuk mencari makna kata ceria. Kata ini sudah sangat populer, umum, lazim digunakan di banyak hal.

Mudah ditemukan di majalah atau media cetak, di lirik lagu dari zaman dahulu sampai lagu zaman now, kata yang juga sering diucapkan presenter teve atau host acara dengan rating tinggi sekalipun.

Meski hanya satu kata, namun Mas Pri, pemilik Ceria Cafe mengaku memikirkan nama ini cukup lama. ia bahkan mencari artinya di kamus online. Gooday.id yang mencoba mencari artinya di Kamus Besar Bahasa Indonesia Online (KBBI) menemukan bahwa ceria bisa berarti bersih, suci, murni, berseri-seri (tentang air muka, wajah), bersinar, cerah.

Sementara keceriaan berarti kebersihan, kesucian, kecerahan sinar (seri) muka (menandakan bahagia, gembira, dan sebagainya).

Mas Pri membayangkan pengunjung Ceria Cafe adalah meraka yang tengah bersuka hatinya, sehingga menikmati kopi racikan di sini dengan perasaan yang menyenangkan. Jika suasana hatinya menyenangkan, obrolan yang disampaikan pun tak jauh dari hal-hal yang bersemangat.

Nama Jaringan WiFi-nya Ya Ceria Cafe

Mungkin hal ini yang tak disadari para pengelola kafe kopi lainnya. Banyak yang menggunakan cara yang dipakai Ceria Cafe, namun tak sedikit yang memilih nama lain.

Dengan menamai jaringan akses internet cepatnya Ceria Cafe, setidaknya akan membantu pengunjung yang baru pertama kali datang mengingat tempat ini. Pasti pernah dialami diantara kita, masuk ke sebuah toko tanpa memerhatikan namanya.

Untuk menghadang hal tersebut, Ceria Cafe melakukan blocking dengan nama jaringan WiFi yang dipakai. Setidaknya kalau suatu saat pengunjung ini lupa menyebut nama kafenya siapa tahu masih mengingat nama WiFi-nya. Karena untuk masuk ke dalam jaringan dan terhubung, harus memasukkan kata kunci. Butuh waktu sekian detik untuk membaca user id-nya, baru password.

Gooders yang baik hati, dengan mengambil kata yang tepat, Ceria Cafe menjadi tempat yang menyejukkan bagi penikmat kopi atau minuman lain. Datanglah dengan hati yang ceria, akan terasa menyenangkan browsing di sini, main game atau sekadar chat dengan teman lewat media sosial.

Atau yang hatinya tengah sedikit gundah, silakan datang dan pesan minuman dingin. Yang asli Tanjungpinang seperti Teh Obeng sudah pasti ada. Tetapi jika ingin merasakan dahsyatnya Thai Tea atau teh Thailand, Anda tidak salah tempat.

Begitulah trik sederhana dari Ceria Cafe untuk mengoptimalkan pembeli. *** -Nurali Mahmudi_

You May Also Like

About the Author: Nurali

Lahir di Desa Bermi Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah dari orang tua yang sama-sama berprofesi sebagai guru SD. Mencoba menulis, menyanyi dan melukis, akhirnya hanya menulis yang tetap dilakoni. SD di kampung, SMP di Gembong, melanjutkan di SMAN 1 Pati, kuliah di Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto. Peserta berbagai pelatihan jurnalistik dan beberapa tulisannya memenangi lomba tulis tingkat lokal dan nasional. Sempat bekerja di sejumlah koran cetak, dan kini menjabat sebagai Redpel suarasiber.com