free page hit counter
Inilah masjid atau tepatnya musala yang ada di area Pelabuhan Punggur, Batam
Inilah masjid atau tepatnya musala yang ada di area Pelabuhan Punggur, Batam. Foto - gooday.id

Maaf, Pak, Masjid di Sebelah Mana, Ya?

GOODAY – Baru beberapa hari lalu saya menjemput anak saya, Ilalang, ke Batam. Kali ini menggunakan kapal feri. Bukannya nggak cinta lagi sama RoRo, saya pikir sesekali menikmati suasana baru. Dari sinilah cerita masjid itu berawal.

Saya sampai di Pelabuhan Punggur, Batam, jam 12 kurang beberapa menit. Setelah sampai di pintu keluar bagian atas, terdengar azan zuhur dari masjid. Dari suara azan lewat pengeras suara, saya tak yakin di mana letak masjidnya.

Karena penerbangan Ilalang dari Yogyakarta ke Batam pukul 12.20 WIB, masih cukup banyak waktu sampai ke Bandara Internasional Hang Nadim, Batam. Saya pun kembali ke dalam pelabuhan.

Seorang petugas keamanan berseragam biru tua mengenakan topi kebetulan sedang bertugas. Saya pun bertanya di mana letak masjid. Langsung saja ia menunjukkan jari telunjuknya ke arah bagian dalam pelabuhan.

“Ada di dalam,” sebutnya.

Saya pun berjalan masuk, melewati pintu kaca otomatis lalu berhadapan langsung dengan meja informasi. Saya lihat ke kanan dan kiri hanya untuk menemukan petunjuk arah masjid.

Mencari Lokasi Masjid

Masjid atau lebih tepatnya Musala Ar Rahman Pelabuhan Punggur, Batam, Kepri
Masjid atau lebih tepatnya Musala Ar Rahman Pelabuhan Punggur, Batam, Kepri. Foto – gooday.id

Kebetulan pula, seorang porter dengan seragam oranyenya mendadak berjalan ke arah saya. Saya tanyakan pertanyaan yang sama, di mana letak masjid.

“Mas turun pakai lift, lantai satu. Kemudian berjalan keluar, di ujung nanti tampak musalanya,” ujarnya sembari menggerakkan telapak tangannya. Menggambarkan arah yang harus saya ikuti.

Saya turun menggunakan lift, keluar, dan di ujung jalan terlihat sekumpulan orang bersiap untuk salat zuhur. Ke sanalah saya berjalan.

Yang saya pikirkan ialah segera mengambil wudu. Karena sudah terdengar iqomat. Beberapa orang juga terlihat buru-buru menuju ruang wudu yang hanya ditandai tulisan kecil. Wudu untuk perempuan dan laki-laki. Tempatnya kecil tetapi cukuplah untuk orang yang sedang dalam perjalanan seperti saya.

Saya sudah ketinggalan satu rakaat.

Usai salat, saya coba amati letak musala yang diberi nama Ar Rahman itu. Saya rasa kalau saya naik tangga ke atas dari sebelah musala bisa menuju ke lantai tiga yang berada persis di belakang petugas yang saya tanya letak masjid pertama kali.

Tetapi sudahlah, setidaknya saya sudah menemukan lokasi masjid atau lebih tepatnya musala Pelabuhan Punggur. Kalau suatu saat ada yang bertanya, saya bisa menunjukkan arahnya secara pasti. ***