free page hit counter

Kiat Sukses Jualan Online, Cara Sederhana Semua Orang Bisa Melakukannya

Bahkan sistem jualan online pun bisa diterapkan untuk mempromosikan tempat wsiata
Jualan onlone tak hanya barang, tempat wsiata pun bisa dipromosikan dengan kiat sukses yang tepat. Foto – istimewa/[email protected]

GOODAY – Kiat sukses jualan online, kok banyak sekali yang menuliskannya ya? Wajar, karena jualan online sudah tidak asing lagi bagi kita. Sistem ini pelan-pelan menggerus cara berjualan cara lama. Semuanya berkat penggunaan smartphone dengan beragam merek yang mendukung akses internet.

Di Indonesia, jualan online menjadi trend zaman kekinian, zaman now. Bahkan tidak sedikit anak-anak berusia belia, seumuran SMP pun bisa melakukan jualan online. Dunia maya tak mengenal batas dan jarak. Asalkan ada yang mau mengirim, jualan online bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Sebenarnya, seperti apa dan bagaimana mengawali jualan online itu? Apakah ada kiat sukses jualan online atau hanya mengandalkan keberuntungan? Jawabannya: pasti ada kiat suksesnya. Paling tidak agar cara jualan online lebih terarah.

Berikut kiat sukses jualan online ala gooday.id. Pahami baik-baik, lalu renungkan jika perlu. Baca dengan hati yang tenang biar ilmunya masuk.

Kiat Sukses Jualan Online Diawali Niat

Niat itu penting. Sebab menjadi garis-garis besar cara berjualan di dunia maya. Jika masih jejaka, bisa diniati dengan kata-kata baik, misalnya yang muslim dengan ucapan Bismillaahirrahmaaniraahiim. Niati jualan untuk mengumpulkan modal membantu orang tua.

Yang tak lagi sednriri alias berkeluarga bisa berniat jika jualannya laris manis akan digunakan untuk membahagiakan pasangan dan anak-anak. Niat tak hanya berhubungan dengan diri sendiri, namun lebih dari itu, ada Tuhan yang mendengar niat yang diucapkan.

Pikirkan Matang-matang Barang yang Akan Dijual

Bilis atau ikan teri pun bisa dijual online
Beragam barang yang bisa dijual online bagi mereka yang bisa melihatnya sebagai peluang usaha, seperti bilis ini. Foto-istimewa/[email protected]

Memang banyak contoh orang-orang kaya dari jualan online dengan menjual barang yang sama. Coba buka saja toko-toko online seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Lazada, Zalora dan sebagainya. Satu kategori saja begitu banyak yang jualan.

Anda mau mengikuti berjualan barang yang sama? Boleh, tidak berdosa dan tidak masalah. Tetapi jika Anda memiliki barang yang sepsial, dan tak banyak orang menjualnya mengapa bukan barang tersebut yang Anda pasarkan?

Gali potensi Anda, siapa tahu Anda termasuk orang yang kreatif. Yang diberi bakat oleh Tuhan untuk membuat kreasi sebuah produk yang bisa dijual. Baca saja biografi para pebisnis online yang mengawali usahanya dengan berdarah-darah. Wajar jika jualan produk baru calon pembeli ragu-ragu. Nah itu tugas Anda untuk meyakinkan bahwa barang Anda bagus.

Jangan Asal Posting di Medsos agar Sukses Jualan Online

Zaman sekarang kok gooday tak yakin jika gooders tak punya akun Facebook atau Instagram. Atau tak punya aplikasi seperti Whatsapp atau Line. Bersyukurlah jika Anda memiliki itu semua. Artinya sudah bisa mulai jualan online. Namun seperti disebutkan di atas, ada kiat sukses jualan online.

Anda harus belajar bagaimana mengoptimalkan fitur Facebook, Instagram, WhatsApp atau Line untuk jualan online. Setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangannya. kali ini gooday hanya memberikan garis besar kiat sukses jualan online. Lain kali akan gooday kupas satu persatu memaksimalkan aplikasi-aplikasi tadi untuk jualan online.

Setidaknya Anda harus membaca ketentuan-ketentuan yang diterapkan setiap pembuat aplikasi tadi. Sebab jika Anda asal posting, belum tentu menuai hasilnya. Bahkan bisa dikenai sanksi dan itu membuat Anda rpot sendiri.

Jualan Online Itu Butuh Jam Kerja

Jualan seperti ini saja butuh jam kerja, apalagi jualan online dengan pangsa tak terbatas
Penjual air bersih ini butuh strategi, dan kiat sukses harus dimiliki pelaku jualan online untuk mengotimalkan keuntungan. Foto-nurali/gooday.id

Jualan online memang terlihat mudah. Padahal di dalamnya ada hal-hal lain yang rumit, njlimet dan menguras pikiran. Mau tahu apa yang paling banyak dicueki para pelaku jualan online sehingga barangnya tak laku-kalu atau laku namun grafiknya stagnan, statis, datar bahkan cenderung mengalami penurunan?

Mentang-mentang jualan tak pakai toko fisik, semuanya bisa dipajang di wall dunia maya, Anda lantas sesukanya membuka tutup toko online. Bayangkan saja seperti Anda memiliki toko fisik di tepi jalan. Kalau buka tutp waktunya tak tentu percayalah satu persatu pelanggan akan kabur.

Begini pemahamannya, pembeli rokok akan berpindah dari warung yang kehabisan stok rokok ke toko lain. Bisa jalan kaki, naik motor, naik mobil dan sebagainya. Pembeli butuh waktu untuk pindah warung. Sementara jika pembeli online, begitu pertanyaannya tidak Anda jawab dengan cepat (fast respon) dia bisa pindah ke toko online lain dalam hitungan menit.

Saat Anda sadar dan membalasnya, ada jawaban: Maaf sudah beli di tempat lain. Luangkan beberapa jam sehari untuk fokus mengurusnya. Kalau perlu cantumkan di sesial media Anda jam berapa melayani order dan sebagainya.

Kiat Sukses Jualan Online Bisa Jadi karena Orang Lain

Anda yang jatuh bangun, berdarah-darah dan bertungkus lumus mengelola jualan online. Kiat sukses jualan online Anda baca dari referensi berbeda setiap hari. Jika suatu saat Anda sukses, kok enak ya harus ingat orang lain?

Sebenarnya kiat sukses jualan online yang terakhir ini lebih kepada unsur sosial, kemanusiaan. Lihatlah di sekeliling, siapa tahu ada orang yang benar-benar membutuhkan bantuan. Jika dilakukan dengan ikhlas dan ketulusan, bisa menjadi pemacu motivasi.

Coba Anda lakukan, dan rasakan setiap bantuan itu dengan hati, akan ada ketenangan di hati. Dan ini membawa pengaruh positif, Anda semakin rajin mengelola jualan online untuk menghasilkan profit besar sehinga… bisa membantu lebih banyak orang.

Pernah Anda tahu bahwa sukses yang diberikan Tuhan saat ini sebenarnya ada campur tangan doa seseorang yang pernah Anda tolong entah kapan? Mungkin Anda lupa kejadiannya, namun orang yang Anda tolong bisa jadi setiap saaat mendoakan agar Anda sukses.

Semoga kiat sukses jualan online ini bisa membantu. *** -Nurali Mahmudi-

You May Also Like

About the Author: Nurali

Lahir di Desa Bermi Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah dari orang tua yang sama-sama berprofesi sebagai guru SD. Mencoba menulis, menyanyi dan melukis, akhirnya hanya menulis yang tetap dilakoni. SD di kampung, SMP di Gembong, melanjutkan di SMAN 1 Pati, kuliah di Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto. Peserta berbagai pelatihan jurnalistik dan beberapa tulisannya memenangi lomba tulis tingkat lokal dan nasional. Sempat bekerja di sejumlah koran cetak, dan kini menjabat sebagai Redpel suarasiber.com